Join emridho's empire

Kamis, 29 Desember 2011

TEKNIK PRODUKSI PAKAN TERNAK


TEKNIK PRODUKSI PAKAN TERNAK

PENGETAHUAN UMUM
TEKNIK PRODUKSI PAKAN TERNAK
Ternak apapun jenisnya membutuhkan pakan untuk memenuhi kebutuhan hidup pokok, produksi dan reproduksi. Fungsi ternak bagi manusia adalah untuk memenuhi kebutuhan protein bagi kehidupan. Tuntutan kebutuhan akan produk peternakan baik berupa susu , daging dan telur sangat tinggi,
seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk dan kesadaran akan pentingnya gizi bagi perkembangan tubuh manusia.Tingginya laju permintaan akan produk peternakan ini harus diimbangi
dengan kecepatan memproduksi yang tinggi pula, hal ini hanya akan dapat dicapai bila ternak mendapat cukup zat makanan yang dapat diserap dan dikonversikan menjadi sumber protein hewani yang bernilai gizi dan ekonomi yang tinggi.
Agar kita dapat mencapai target produksi ternak yang menguntungkan, salah satu faktor produksi yang dapat dilakukan dalam ukuran waktu yang relatip cepat adalah pemberian ransum yang tepat. Beberapa hal penting yang harus kita ketahui antara lain :
kebutuhan gizi ternak; kandungan nutrisi dan anti nutrisi; sifat dan peran bahan pakan; sampling bahan untuk analisis dan analisis yang digunakan; toleransi pemakaian, kontinuitas, harga bahan baku; dasar dan teknik perhitungan formula; cara penimbangan, teknik pembuatan ransum dan konsentrat, alat-alat yang digunakan dalam pencampuran, operasional alat, rosessing, kontrol kualitas pergudangan, dan pendistribusiannya.
Tujuan dari usaha peternakan adalah memenuhi kebutuhan permintaan manusia dengan emperhitungkan keuntungan yang bisa diraih. Besarnya biaya pakan ternak dalam usaha peternakan mencapai 70-80% dari total biaya produksi. Bila kita mampu menekan biaya ini maka usaha kita akan dapat lebih menguntungkan .
PEMILIHAN BAHAN PAKAN
1. Pengelompokan Bahan Pakan
Bahan pakan dikelompokan kedalam delapan kelas yang didasarkan pada karakter fisik dan kimianya yang biasa digunakan dalam pembuatan pakan. Adapun klasifikasi ini adalah sebagai berikut :
a. Hijauan kering (Dry forage)
Semua hijauan pakan dan limbah pertanian yang dipotong dan dikeringkan yang mengandung serat kasar lebih dari 18% atau mengandung 35% dinding sel (berdasarkan bahan kering). Hijauan ini
rendah kandungan energinya karena tingginya kandungan dinding sel.
Contoh : Hay, jerami padi, jerami kacang-kacangan.
b. Hijauan segar, padang rumput dan tanaman pakan.
Kelompok ini terdiri dari hijauan yang dipotong atau yang ditanam pada padang penggembalaan dalam keadaan segar (kandungan airnya tinggi)
c. Silages (silase)
Kelas ini terdiri dari hijauan yang telah mengalami proses pengawetan asam, misalnya silase rumput, silase leguminosa tidak termasuk silase ikan, biji-bijian dan umbi-umbian.
d. Sumber energi
Produk ini mengandung protein kurang dari 20% dan kandungan serat kasarnya kurang dari 18% misalnya hasil ikutan pabrik seperti dedak halus, onggok, tetes dan umbi-umbian.
e. Sumber protein
Bahan ini mengandung protein 20% atau lebih, biasanya bahan ini berasal dari bagian tubuh hewan seperti tepung daging, tepung darah, tepung ikan.
f. Sumber mineral
Bahan yang banyak mengandung mineral yang dibutuhkan oleh ternak,
misalnya kapur, phosphat, belerang dll.
g. Sumber vitamin
Bahan yang mengandung vitamin yang tinggi seperti vitamin A, D, E dll.
h. Additives
Suatu bahan atau kombinasi bahan yang biasa digunakan dalam campuran ransum digunakan dalam jumlah sedikit untuk memenuhi kebutuhan tertentu, misalnya memacu pertumbuhan, meningkatkan
kecernaan dan lain sebagainya. Sebagai contoh antara lain: antibiotik, hormon, probiotik, pewarna, rasa dll.
Hubungi :
sugianto_gik@yahoo.com
Hp: 081313430785 ( mobile)
085736333405 (contact person 16.00-22.00 wib)
03419524701 (contact person 16.00-22.00 wib)
transfer ke rekening Bank Rakyat Indonesia (BRI ) Cabang Kawi Malang, atas nama Ir.sugianto,
nomer rekening 0051-01-061262-50-1
Sugianto-Kimia Industri

0 komentar:

Link ke posting ini


Tidak ada komentar:

Mengenai Saya

Foto saya
Mahasiswa Teknik Industri Universitas Andalas 2009 Alumni Ponpes Asy-Syarif Angkatan 09,, Alumni Ponpes Madinatul Munawwarah angkatan 06.