PROPOSAL
I. EXCECUTIVE SUMMARY
Usaha Counter Pulsa dan Accessories HP termasuk usaha yang unggul dan menjanjikan pada saat ini di UNAND. Hal ini disebabkan karna pulsa dibutuhkan oleh orang banyak, terutama mahasiswa. Kebutuhan ini akan meningkat dari waktu ke waktu seiring dengan perkembangan teknologi dan masuknya mahasiswa baru setiap tahunnya. Seiring dengan perkembangan model, kebutuhan akan Accessories HP pun meningkat. Banyak mahasiswa yang menginginkan HP nya tampil lebih menarik dan unik.
Melihat peluang tersebut, dirasa perlu mengkaji semua aspek yang menyangkut dengan Kelayakan Usaha, yang disusun dalam Proposal ini. Pada Proposal ini dibahas tentang Aspek Pemasaran, Manajemen dan Aspek Keuangan. Dengan bahasan aspek2 tersebut diharapkan tersusun rencana usaha yang benar2 layak diimplementasikan dalam bentuk usaha yang memberikan keuntungan optimal dan mampu bertumbuh secara berkelanjutan, serta mampu melunasi kewajibannya kepada pihak pemberi pinjaman modal.
II. ASPEK PEMASARAN
1. Deskripsi Pasar
Produk yang akan di pasarkan yaitu pulsa electric kartu AS dan Simpati, dan non electric kartu XL, 3, ESIA, dan Indosat. Selain itu juga tersedia accessories HP yang menarik berupa gantungan, mainan, dan hiasan HP.
Segmen pasar yaitu mahasiswa UNAND kususnya yang tinggal di asrama dan sekitar gerbang, dan masyarakat sekitar umumnya. Hal ini dikarenakan tempat usaha terletak di gerbang kampus dan merupakan satu2nya usaha yang menjual produk pulsa, mengingat kawasan UNAND cukup luas dan cukup jauh dari pusat pasar. Serta sulitnya transportasi dimalam hari bagi anak asrama untuk menjangkau pusat pasar.
Usaha ini akan bertempat di ….Saat ini UNAND sudah memiliki 2 asrama wanita, 1 asrama pria, dan 1 sedang dibangun. Diperkirakan kapasitasnya mencapai 5000 jiwa setiap tahunnya. Karna asrama ini baru dibangun, jadi di area asrama belum ada Counter pulsa dan Accessories HP. Selain itu disekitar gerbang pun belum terdapat Counter pulsa dan Accessories HP, padahal dari gerbang sampai pusat pasar rata2 penduduk memiliki kos2an. Dengan dibukanya usaha ini yang terletak didekat gerbang asrama maka akan memudahkan mahasiswa untuk membeli pulsa dan peluang pasarnya pun besar, tergantung bagaimana memanajemen pemasaran. Untuk itu usaha ini sudah efisien.
2. Proyeksi Penjualan
Proyeksi penjualan selama 1 bulan mendatang disajikan pada Tabel berikut. Di asumsikan keuntungan yang diperoleh sebesar 46% dari total penjualan setiap minggunya setelah dipotong gaji pengusaha.
Minggu | Total penjualan (Rp) | Penjualan bersih (Rp) |
1 | 3.100.000 | 1.485.000 |
2 | 4.585.000 | 2.109.100 |
3 | 6.694.100 | 3.079.240 |
4 | 9.773.340 | 4.495.580 |
Table rincian total penjualan Rp.3100.000 :
Jenis pulsa | Jumlah penjualan | Modal (Rp) | Penjualan (Rp) | Keuntungan per satuan pulsa (Rp) |
Simpati 10 | 100 | 9.900 | 11.000 | 1.100 |
Simpati 20 | 40 | 19.700 | 21.000 | 1.300 |
As 10 | 50 | 9.900 | 11.000 | 1.100 |
As 5 | 100 | 5.500 | 7.000 | 1.500 |
Simpati 5 | 100 | 5.000 | 6.500 | 1.500 |
Simpati 50 | 5 | 48.000 | 51.000 | 3.000 |
As 50 | 5 | 48.000 | 51.000 | 3.000 |
XL 10 | 5 | 10.400 | 12.000 | 1.600 |
3 10 | 5 | 10.000 | 11.000 | 1.000 |
Esia 10 | 5 | 11.000 | 12.000 | 1.000 |
Indosat 10 | 5 | 11.000 | 12.000 | 1.000 |
Accessories | - | 600.000 | - | - |
3. Strategi Pemasaran
Strategi pemasaran yang diterapkan menyangkut empat aspek penting yakni produk, harga, distribusi dan promosi. Produk yang dipasarkan yaitu pulsa dari berbagai operator, mulai dari Telkomsel, XL, 3, ESIA, dan Indosat. Serta berbagai macam accessories HP mulai dari gantungan, mainan dan hiasan HP.
Harga diusahakan seoptimal mungkin, sehingga menguntungkan kepada usaha dan mampu bersaing dengan produsen lainnya. Daya saing harga ini dapat dicapai dengan mengefisienkan pengeluaran, seperti tidak terdapatnya gaji pegawai karna usaha dikelola langsung oleh pemilik usaha, dll.
System distribusi dengan cara dijual langsung kepada konsumen kususnya mahasiswa. Promosi dilakukan dengan menyebar pamphlet ke Fakultas2 UNAND dan sekitarnya dan yang paling penting memberikan pelayanan semaksimal mungkin dengan mengacu kepada prinsip “Pelanggan adalah Raja dan mengutamakan kualitas serta menjaga kepercayaan”.
III.ASPEK MANAJEMEN
Pada prinsipnya kegiatan usaha mencakup tiga bidang utama yaitu :
Ø Produk
Ø Pemasaran
Ø Pembukuan dan keuangan
Ketiga bidang tersebut mencakup tugas seperti yang disajikan pada table berikut :
Bidang | Tugas |
Produk | Ø Perencanaan produk Ø Pembelian produk |
Pemasaran | Ø Menyusun rencana strategi pemasaran Ø Mamasarkan Ø Membangun jaringan pasar melalui promosi |
Pembukuan | Ø Mencatat segala transaksi Ø Menyusun anggaran dan belanja Ø Menyusun laporan keuangan |
Pada tahap ini semua tugas ditangani oleh pemrakarsa proyek yakni Refi Yanto. Organisasi untuk jangka panjang akan dikembangkan sesuai dengan kebutuhan.
IV.ASPEK KEUANGAN
1. Kebutuhan modal
Kebutuhan modal investasi :
Keterangan | Jumlah (Rp) |
Etalase | 800.000 |
1 set computer | 2.500.000 |
Kontrak tempat per tahun | 2.000.000 |
Jumlah | 5.300.000 |
Kebutuhan modal kerja :
Keterangan | Jumlah (Rp) |
Saldo | 2500.000 |
Accessories | 600.000 |
Jumlah | 3.100.000 |
Total kebutuhan modal :
No | Keterangan | Jumlah (Rp) |
A | Kebutuhan modal | |
1 | Investasi | 5.300.000 |
2 | Modal kerja | 3.100.000 |
| Jumlah | 8.400.000 |
B | Sumber modal | |
1 | Modal sendiri | 3.300.000 |
2 | Pinjaman | 5.100.000 |
| Jumlah | 8.400.000 |
2. Proyeksi Laba Rugi
Adapun proyeksi laba rugi adalah total penjualan akhir dalam hitungan bulan dikurangi modal dalam hitungan bulan.
Ø Penjualan minggu I Rp 1.485.000
Ø Penjualan minggu II Rp 2.109.100
Ø Penjualan minggu III Rp 3.079.240
Ø Penjualan minggu IV Rp 4.495.580
Total penjualan dalam 1 bulan adalah Rp 11.168.920
Adapun total pengeluaran + modal adalah
Ø Kebutuhan modal Rp 8.400.000
Proyeksi laba dalam 1 bulan adalah Rp 11.168.920-Rp 8.400.000 =
Rp 2.768.920
Tidak ada komentar:
Posting Komentar