Join emridho's empire

Kamis, 29 Desember 2011

Usaha Counter Pulsa dan Accessories HP


PROPOSAL


I.  EXCECUTIVE SUMMARY
Usaha Counter Pulsa dan Accessories HP termasuk usaha yang unggul dan menjanjikan pada saat ini di UNAND. Hal ini disebabkan karna pulsa dibutuhkan oleh orang banyak, terutama mahasiswa. Kebutuhan ini akan meningkat dari waktu ke waktu seiring dengan perkembangan teknologi dan masuknya mahasiswa baru setiap tahunnya. Seiring dengan perkembangan model, kebutuhan akan Accessories HP pun meningkat. Banyak mahasiswa yang menginginkan HP nya tampil lebih menarik dan unik.
Melihat peluang tersebut, dirasa perlu mengkaji semua aspek yang menyangkut dengan Kelayakan Usaha, yang disusun dalam Proposal ini. Pada Proposal ini dibahas tentang Aspek Pemasaran, Manajemen dan Aspek Keuangan. Dengan bahasan aspek2 tersebut diharapkan tersusun rencana usaha yang benar2 layak diimplementasikan dalam bentuk usaha yang memberikan keuntungan optimal dan mampu bertumbuh secara berkelanjutan, serta mampu melunasi kewajibannya kepada pihak pemberi pinjaman modal.






II.  ASPEK PEMASARAN
1. Deskripsi Pasar
Produk yang akan di pasarkan yaitu pulsa electric kartu AS dan Simpati, dan non electric kartu XL, 3, ESIA, dan Indosat. Selain itu juga tersedia accessories HP yang menarik berupa gantungan, mainan, dan hiasan HP.
Segmen pasar yaitu mahasiswa UNAND kususnya yang tinggal di asrama dan sekitar gerbang, dan masyarakat sekitar umumnya. Hal ini dikarenakan tempat usaha terletak di gerbang kampus dan merupakan satu2nya usaha yang menjual produk pulsa, mengingat kawasan UNAND cukup luas dan cukup jauh dari pusat pasar. Serta sulitnya transportasi dimalam hari bagi anak asrama untuk menjangkau pusat pasar.
Usaha ini akan bertempat di ….Saat ini UNAND sudah memiliki 2 asrama wanita, 1 asrama pria, dan 1 sedang dibangun. Diperkirakan kapasitasnya mencapai 5000 jiwa setiap tahunnya. Karna asrama ini baru dibangun, jadi di area asrama belum ada Counter pulsa dan Accessories HP. Selain itu disekitar gerbang pun belum terdapat Counter pulsa dan Accessories HP, padahal dari gerbang sampai pusat pasar rata2 penduduk memiliki kos2an. Dengan dibukanya usaha ini yang terletak didekat gerbang asrama maka akan memudahkan mahasiswa untuk membeli pulsa dan peluang pasarnya pun besar, tergantung bagaimana memanajemen pemasaran. Untuk itu usaha ini sudah efisien.

2. Proyeksi Penjualan
Proyeksi penjualan selama 1 bulan mendatang disajikan pada Tabel berikut. Di asumsikan keuntungan yang diperoleh sebesar 46% dari total penjualan setiap minggunya setelah dipotong gaji pengusaha.




Minggu
Total penjualan (Rp)
Penjualan bersih (Rp)
1
3.100.000
1.485.000
2
4.585.000
2.109.100
3
6.694.100
3.079.240
4
9.773.340
4.495.580




Table rincian total penjualan Rp.3100.000 :
Jenis pulsa
Jumlah penjualan
Modal (Rp)
Penjualan (Rp)
Keuntungan per satuan pulsa (Rp)
Simpati 10
100
9.900
11.000
1.100
Simpati 20
40
19.700
21.000
1.300
As 10
50
9.900
11.000
1.100
As 5
100
5.500
7.000
1.500
Simpati 5
100
5.000
6.500
1.500
Simpati 50
5
48.000
51.000
3.000
As 50
5
48.000
51.000
3.000
XL 10
5
10.400
12.000
1.600
3 10
5
10.000
11.000
1.000
Esia 10
5
11.000
12.000
1.000
Indosat 10
5
11.000
12.000
1.000
Accessories
-
600.000
-
-





3. Strategi Pemasaran
Strategi pemasaran yang diterapkan menyangkut empat aspek penting yakni produk, harga, distribusi dan promosi. Produk yang dipasarkan yaitu pulsa dari berbagai operator, mulai dari Telkomsel, XL, 3, ESIA, dan Indosat. Serta berbagai macam accessories HP mulai dari gantungan, mainan dan hiasan HP.
Harga diusahakan seoptimal mungkin, sehingga menguntungkan kepada usaha dan mampu bersaing dengan produsen lainnya. Daya saing harga ini dapat dicapai dengan mengefisienkan pengeluaran, seperti tidak terdapatnya gaji pegawai karna usaha dikelola langsung oleh pemilik usaha, dll.
System distribusi dengan cara dijual langsung kepada konsumen kususnya mahasiswa. Promosi dilakukan dengan menyebar pamphlet ke Fakultas2 UNAND dan sekitarnya dan yang paling penting memberikan pelayanan semaksimal mungkin dengan mengacu kepada prinsip “Pelanggan adalah Raja dan mengutamakan kualitas serta menjaga kepercayaan”.





III.ASPEK MANAJEMEN
Pada prinsipnya kegiatan usaha mencakup tiga bidang utama yaitu :
Ø  Produk
Ø  Pemasaran
Ø  Pembukuan dan keuangan

Ketiga bidang tersebut mencakup tugas seperti yang disajikan pada table berikut :

Bidang
Tugas
Produk
Ø  Perencanaan produk
Ø  Pembelian produk
Pemasaran
Ø  Menyusun rencana strategi pemasaran
Ø  Mamasarkan
Ø  Membangun jaringan pasar melalui promosi
Pembukuan
Ø  Mencatat segala transaksi
Ø  Menyusun anggaran dan belanja
Ø  Menyusun laporan keuangan

Pada tahap ini semua tugas ditangani oleh pemrakarsa proyek yakni Refi Yanto. Organisasi untuk jangka panjang akan dikembangkan sesuai dengan kebutuhan.

















IV.ASPEK KEUANGAN
1. Kebutuhan modal
Kebutuhan modal investasi :
Keterangan
Jumlah (Rp)
Etalase
800.000
1 set computer
2.500.000
Kontrak tempat per tahun
2.000.000
Jumlah
5.300.000

Kebutuhan modal kerja :
Keterangan
Jumlah (Rp)
Saldo
2500.000
Accessories
600.000
Jumlah
3.100.000

Total kebutuhan modal :
No
Keterangan
Jumlah (Rp)
A
Kebutuhan modal

1
Investasi
5.300.000
2
Modal kerja
3.100.000

Jumlah
8.400.000
B
Sumber modal

1
Modal sendiri
3.300.000
2
Pinjaman
5.100.000

Jumlah
8.400.000
2. Proyeksi Laba Rugi
Adapun proyeksi laba rugi adalah total penjualan akhir dalam hitungan bulan dikurangi modal dalam hitungan bulan.
Ø  Penjualan minggu I Rp 1.485.000
Ø  Penjualan minggu II Rp 2.109.100
Ø  Penjualan minggu III Rp  3.079.240
Ø  Penjualan minggu IV Rp  4.495.580
Total penjualan dalam 1 bulan adalah Rp 11.168.920

Adapun total pengeluaran + modal adalah
Ø  Kebutuhan modal Rp 8.400.000
Proyeksi laba dalam 1 bulan adalah Rp 11.168.920-Rp 8.400.000 =
Rp  2.768.920





Tidak ada komentar:

Mengenai Saya

Foto saya
Mahasiswa Teknik Industri Universitas Andalas 2009 Alumni Ponpes Asy-Syarif Angkatan 09,, Alumni Ponpes Madinatul Munawwarah angkatan 06.