BAB I PENDAHULUAN
I.1 LATAR BELAKANG
Adapun latar belakang melaksanakan praktikum ini adalah bahwa mahasiswa telah mempelajari secara teoritis tentang mekanisme dalam berwirausaha. Namun banyak di antara mahasiswa yang tidak mengetahui bagaimana merasakan berwirausaha secara langsung.
I.2 TUJUAN
Tujuan melaksanakan praktikum ini adalah agar mahasiswa dapat mengetahui secara langsung bagaimana berwirausaha sebenarnya. Dan mampu berkompetisi dalam memasarkan produk peternakan.
I.3 WAKTU DAN TEMPAT
Praktikum ini dilaksanakan per-masa panen,untuk umur 18-21 hari dilaksanakaan pada tanggal 27-30 mei.adapun tempat pemasaran tergantung peluang pasar.
BAB II. TEORI
Keuntungan menjadi wirausaha adl sbb:
- Terbuka peluang untuk mencapai tujuan yg dikehendaki sendiri.
- Terbuka peluang untuk mendemonstrasikan kemampuan serta potensi seseorang scr penuh.
- Terbuka peluang untuk memperoleh manfaat dan keuntungan secara maksimal.
- Terbuka peluang untuk membantu masyarakat dg usaha2 konkrit
- Terbuka kesempatan untuk menjadi bos/pemimpin.
- Terbuka peluang untuk menjadi org kaya.
- Terbuka peluang untuk membantu org miskin.
- Terbuka peluang untuk masuk sorga.
Kewirausahaan/Kewiraswastaan
Ada tiga jenis prilaku yaitu:
- Memulai inisiatif
- Mengorganisasi mekanisme sosial/ekonomi utk mengubah sumberdaya dan situasi dg cara praktis
- Diterima resiko atau kegagalan
Sifat2 yg perlu dimiliki wirausaha
1. Percaya diri
• Kepercayaan (keteguhan)
• Ketidaktergantungan, kepribadian mantap
• Optimisme
2. Berorientasi tugas dan hasil
• Kebutuhan atau haus akan prestasi
• Berorientasi laba atau hasil
• Tekun dan tabah
• Tekad, kerja keras, motivasi
• Energik
• Penuh inisiatif
- Pengambil resiko
• Mampu memimpin
• Dpt bergaul dg org lain
• Menanggapi saran dan kritik
4. Keorisinilan
• Inovatif (pembaharu)
• Kreatif
• Fleksibel
• Banyak sumber
• Serba bisa
• Mengetahui banyak
5. Berorientasi ke masa depan
• Pandangan ke depan
• perspektif
Inovasi adalah Kunci Penting
• Keuntungan wirausaha umumnya berasal dari inovasi.
• Keuntungan tsb bersifat semntara dan akan berkurang dg adanya persaingan.
• Inovasi hrs mrpk proses berkesinambungan
BAB III. IDENTIFIKASI PELUANG PASAR
1. LANGKAH SEBELUM DIPASARKAN
Adapun langkah-langkah sebelum dipasarkan,kami harus mengetahui peluang dimana ayam briler tersebut dipasarkan.tempat-tempat yang menjadi pasar ayam briler yang berumur 18-21 hari adalah café-café dan KFC.karena mereka membutuhakan daging ayam yang berkualitas baik,empuk dan bias potong 4.
2. TUJUAN PEMASARAN
tujuan pemasaran kelompok kami adalah :
Ø Café tirta sari dengan jumlah 12 ekor,potong 4 dengan harga DO Rp. 11.500.dijual dengan harga Rp.13.000
Ø Gudang ayam yang terletak di simpang ketaping by pass dengan jumlah 30 ekor dengan harga DO Rp 11.000.dijual dengan harga Rp.12.000
3. PROSES PEMASARAN
Dalam proses pemasaran tidak mengalami kendala yang sangat berarti,karena karena ada beberapa anggota kelompok kami yang mempunyai jaringan bekerja di sebuah café.dan satu anggota kami yang mempunyai kenalan toke ayam broiler.sehingga kami tidak menemui hambatan yang berarti.
Walawpun demikian cukup menguras waktu,sehingga kami agak kesulitan membagi waktu mana yang digunakan untuk kuliah dengan waktu yang digunakan untuk berwirausaha.
BAB IV. KESIMPULAN DAN SARAN
Praktikum kewirausahaan ini mengajarkan mahasiswa bagaimana merasakan secara langsung proses berwirausaha,mengidentifikasi peluang pasar dan mampu berkompetisi dalam dunia pasar.
SARAN
Pada waktu panen diharapkan kepada juru teknis kandang untuk professional dalam mengambil sikap.Baik itu mengenai efisiensi waktu maupun dalam proses pemotongan ayam tersebut.Karena akan berpengaruh pada proses pemasaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar