Join emridho's empire

Kamis, 29 Desember 2011

Arsip untuk PaKaN TeRNaK

Klasifikasi Bahan Pakan  Pakan adalah suatu bahan pakan atau campuran bahan pakan yang dimakan hewan atau ternak serta mengandung energi, protein, dan nutrien lainnya yang dibutuhkan oleh hewan atau ternak lainnya.
Klasifikasi pakan dapat dibedakan menurut:
1. Menurut asalnya
Nah klo menurut asalnya, pakan ini mah dibedakan menjadi 3 apa hayo??
A. Bahan pakan asal tanaman —>:
  • a.hijaun pakan (Forages) nah hijauan pakan ini dikenal pula dengan istilah hijauan makanan ternak (HMT) Contohnya:Rumput co: Rumput2an(co:rumput gajah, teki, ilalang dll),leguminosa(co:Kalopo, centro), serta hijauan lain selaiin rumput dan legum(co: nangka, ketelapohon)
  • b. Jerami atau sisa tanaman pertanian.
  • c. Bebijian(Co: Jagung, shorgum, gandum,padi)
  • d. Umbi(ketela pohon, rambat, kentang)
  • e. Hasil sisa ato hasil sampingan industri pertanian(bungil, bekatul, onggok, tetes)
B. Bahan pakan asal Hewan—>Tepung daging, tpg tulang, tpg darah, tpg susu, tpg telur
C. Bahan Pakan asal ikan—> Tepung ikan, tepung kepala udang dll
2. Menurut Bentuk Fisiknya.
Menurut bentuk fisiknya dibedakan menjadi 3 juga yi: bentuk butiran(Co: jagung ,shorgum.nah klo untuk pakan ini biasanya disukai oleh ternak unggas), Bentuk Tepung(co: dedak, bekatu, tepung ikan,dll), Bentuk cair(Co: minyak ikan dan minyak kedelai).
3. Menurut Sumber Zat gizinya
nah klo menurut yang ini pakan dibedakan menzadi5 yi:
  • Carbonacleus concentrates –>kandungan energi tinggi, SK rendah, PK rendah Co: Jagung, shorgum, gandum,molases, dedak, bekatul
  • CArbonacleus roughages—> kandungan energi rendah, SK tinggi, protein kasar rendah. Co:silase jagung dan shorgum, janggel jagung, jerami
  • Proteinacleus concentrates—>kandungan pakan dengan energi rendah, SK rendah, PK tinggi Co: Bungkil 2 kacang, kedelai, kapas dan kelapan, tepung daging, darah,susus, urea.
  • Proteinacleus roughages—> Bahan pakan dengan kandungan energi rendah,Sk cukup, Pk cukup, kalsium tinggi,Co: Hijauan leguminosa, hijauan kering.
  • Bahan aditif–> Bahan pakan yang ditambahkan kedalam ransum dalalmjumlah yang sedikit Co:Virtamin, mineral, antibiotik, hormon, obat pewarna
4. Menurut Kelazimannya
  • Bahan pakan konvensional adalah bahan pakan yang lazim dipakai unuk menyusun ransum, bahan pakan ini dapat berasala dari tanaman ataupun hewan, ikan, dan hasil sampingan industri pertanian.(Co: Rumput, tp daging, bekatul dll)
  • Bahan pakan inkonvensional adalah bahan pakan yang tidak atau belum lazim dipakai untuk menyusun ransum.bahan pakan inibisa berasal dari industri kimia, pertamian maupun hasil fermentasi (CO: Urea, Diamonium fosfat, baggase, isi rumen, protein sel tunggal).
5. Menurut Nomenklatur/ secara Internasionalnya 
Berdasarkan Nomenklatur Internasional Pakan dibedakan menjadi 8 kelas apasajakah itu??
1. Hijauan kering&Jerami(dry forage dan roughages)
2. pasture (hijauan)—->kacang2an dan rumput
3. Silase—> yi hijauan yang diawetkan dan ditambah dengan sumber protein, vitamin dan mineral.
4. Makanan yang mengandung sumber Energi—> contohnyapakana yang berasal dari biji-bijian, akar-akaran, umbi-umbian, dan buah-buahan.
5. Makanan sumber Protein—> bisa berasal dari protein hewani(tepung ikan) maupun protein nabati (tepung daun)
6. Makanann sumber mineral—> Tepung tulang dan kapur
7. Makanan sumber vitamin—>makanan yg berasal dari buah-buahan.
8. Makanan additive—>bahan makanan yang diambahkan kedalam ransum dalam jumlah yang sedikit dengan tujuan tetentu. Co: Antibiotika, bahan pewarna, hormon dll.
Weleh-weleh ribet yee, mudah-mudahan tidak bingung membacanya, Banyak skali ya ternyata jenis pakan yang bisa dimanfaatkan….Nah klo kita sudah tahu jenis dan sedabrek macem – macem jnis pakan, kita bisa nyusun pakan sendiri dech sesuai dengan yang kita butuhkan. tul ndak???

Tidak ada komentar:

Mengenai Saya

Foto saya
Mahasiswa Teknik Industri Universitas Andalas 2009 Alumni Ponpes Asy-Syarif Angkatan 09,, Alumni Ponpes Madinatul Munawwarah angkatan 06.