Join emridho's empire

Jumat, 27 Januari 2012

LAPORAN PENELITIAN PENINGKATAN EFISIENSI PROSES MANUFAKTUR MELALUI PERANCANGAN JIG & FIXTURE PADA IMPLEMENTASI GROUP TECHNOLOGY


LAPORAN PENELITIAN



PENINGKATAN EFISIENSI
PROSES MANUFAKTUR MELALUI PERANCANGAN JIG & FIXTURE
PADA IMPLEMENTASI GROUP TECHNOLOGY




Oleh :
Ir. Slamet Budiarto








JURUSAN TEKNIK INDUSTRI
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER
SURABAYA
2  0  0  2

BAB I
PENDAHULUAN

1.1              Latar Belakang
Untuk mengurangi biaya produksi, peningkatan efisiensi proses manufaktur suatu produk sangat  berpengaruh, terutama dengan menurunkan waktu  proses manufakturnya. Dalam penelitian ini, waktu proses manufaktur diidentisikasikan dengan penurunan  waktu setup dan proses pemotongannya (perautan).
     Jig and fixture merupakan “perkakas bantu” yang berfungsi untuk memegang dan atau mengarahkan benda kerja sehingga proses manufaktur suatu produk dapat lebih efisien. Selain itu jig and fixture juga dapat berfungsi agar kualitas produk dapat terjaga seperti kualitas yang telah ditentukan. Dengan jig & fixtures, tidak diperlukan lagi skill operator dalam melakukan operasi manufaktur, dengan kata lain pengerjaan proses manufaktur akan lebih mudah untuk mendapatkan kualitas produk yang lebih tinggi ataupun laju produksi yang lebih tinggi pula.
     Filosofi dari Group technology adalah mendapatkan keuntungan dari pengelompokan sejumlah produk, baik atas dasar kesamaan perancangannya atupun atas dasar kesamaan proses manufakturnya. Dalam penelitian ini, kesamaan proses yang menjadi pertimbangkan untuk meningkatkan efisiensi proses manufaktur.
     Dengan demikian, efisiensi proses manufaktur suatu produk dapat ditingkatkan (mereduksi waktu setup dan waktu proses perautan ) melalui perancangan jig and fixture pada proses manufaktur sekelompok produk.
1.2    Permasalahan
          Biaya produksi yang lebih rendah dan kualitas yang terjaga merupakan masalah yang harus diperhatikan untuk tetap berdaya saing. Dan itu dapat dicapai dengan cara merancang jig and fixture dalam  memproduksi sekelompok produk.
          Untuk dapat melalukan hal tersebut, maka harus diidentifikasi produk produk yang sejenis ditinjau dari proses manufakturnya, kemudian menentukan proses perautan yang akan ditetapkan, selanjutnya perancangan jig and fixture dilakukan.
          Penetapkan locating elemen, clamping elemen, power device, body, datum  dan bagian pengikat atau yang lainnya merupakan tahapan penting dalam perancangan jig and fixture, khususnya untuk memproduksi sekelompok  produk.
1.3    Tujuan dan Manfaat Penelitian
            Tujuan yang hendak dicapai dalam pemelitian ini diuraikan menjadi beberapa tahapan aktivitas, yang meliputi :
1.    Pengelompokan sejumlah produk
2.    Penentukan proses pemotongan (perautan) yang menjadi objek
3.    Perancangan jig and fixture
Sedangkan manfaat yang ingin dicapai dalam penelitian ini diuraikan menjadi beberapa hal sebagai berikut ;
1.    Untuk kalangan akademisi, khususnya laboraturium System Manufaktur, Jurusan Teknik Industri FTI-ITS, dapat menjadi referensi yang berharga dalam pengembangan teknologi jig and fixture terutama yang berkaitan dengan implementasi group technology.
2.    Bagi kalangan industri perkayuan, dapat menjadi bahan acuan dalam meningkatkan efisiensi proses manufaktur dalam produksi massal yang menanfaatkan jig and fixture.
3.    Sebagai referensi bagi pembaca yang meminati topik-topik yang berkenaan dengan jig and fixture dan atau group technology .

1.4              Asumsi dan Batasan Masalah
Dalam menyelesaikan penelitian ini, penulis mengacu pada beberapa asumsi dan batasan masalah sebagai berikut
1.    Proses Manufaktur dilakukan di Laboraturium Sistem Manufaktur Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri, ITS.
2.    Produk yang menjadi objek ditentukan lebih dahulu, yaitu merupakan komponen-komponen dari speed tenders, seperti gambar 1.1.
3.    Sistem Produksi  diasumsikan sebagai Sistem Produksi Massal
4.    Peningkatan efisiensi proses manufaktur akan meningkat dengan Perancangan Jig & Fixture

Tidak ada komentar:

Mengenai Saya

Foto saya
Mahasiswa Teknik Industri Universitas Andalas 2009 Alumni Ponpes Asy-Syarif Angkatan 09,, Alumni Ponpes Madinatul Munawwarah angkatan 06.